Visi dan Misi Gampong Durian Kawan Detail

Visi dan Misi Gampong


  • VISI

Meningkatkan dan mengembangkan kapasitas masyarakat Gampong yang mandiri, mampu memenuhi hidup secara layak yang bertumpu pada sektor pertanian dan perkebunan yang baik serta berkelanjutan, penguatan kelembagaan adat serta penguatan ekonomi kerakyatan dalam pengembangan industri rakyat yang ditompang oleh sistem pemerintahan yang profisional dalam tata sosial yang beradap, setara dan keadilan sehingga dapat menjadi gampong percontohan di kecamatan Kluet Timur.
Dalam meraih visi Gampong Durian Kawan seperti yang sudah dijabarkan diatas dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal. Maka disusunlah misi Gampong Durian Kawan.

 

  • MISI

Misi adalah merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan dan sasaran Gampong yang hendak dicapai, pernyataan misi membawa Gampong kepada suatu fokus. Misi inilah yang harus di emban oleh pemerintah Gampong. Untuk mewujudkan misi Gampong tersebut maka pemerintahan Gampong Durian Kawan menetapkan misi sebagai berikut :

  1. Membangun dan mendorong majunya bidang pendidikan baik formal atau no formal yang mudah diakses dan dinikmati seluruh warga masyarakat tanpa kecuali.
  2. Mengembangan dan membangun sistem pemerintahan Gampong yang profisional, efektif dan efesien.
  3. Memperkuat sumber-sumber ekonomi rakyat dan kelembagaan ekonomi masyarakat.
  4. Membangun inprastruktur.
  5. Mengembangan dan membangun sistem yang berbasis kompetensi.
  6. Mengembangkan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat seperti pendidikan, kesehatan, dan tempat tinggal.
  7. Mengembangkan solidaritas atar tokoh masyarakat dan semua komponen masyarakat untuk membangun Gampong yang berlandaskan moral serta menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat.
  8. Pemberdayaan masyarakat yang berwawasan gender (menciptakan keluarga harmoni dan meningkatkan peran perempuan di tingkat masyarakat).
  9. Membangun sistem pemerintahan yang bersih serta beroreantasi pada pelayanan pulik.
  10. Mengembangkan potensi gampong sebagai potensi unggulan disemua bidang.
  11. Meningkat peranan generasi muda dalam mewujudkan cita-cita pembangunan gampong.
  12. Menangulanggi kemiskinan dengan peningkatan keterampilan dan industri kecil dan perdaganggan serta peningkatan peran koperasi dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan dalam upaya menciptakan lapangan pekerjaan.
  13. Meningkatkan pengelolaan secara berdaya guna dan berhasil, guna potensi sumber daya alam (SDA) yang ada dengan peningkatan sumber daya manusia yang memiliki geunggulan melalui pendidikan formal dan non formal serta pendidikan dan pelatihan.
  14. Membangun dan mendorong terciptanya pendidikan yang berhasikan insan intelektual, insan inopatif dan insan interpreneor.
  15. Menjami dan mendorong usaha-usaha untuk terciptanya pembanguanan segala bidang yang berwawasan lingkungan dan kebencanaan, sehingga terjadinya keberlanjutan usaha-usaha pembangunan dan pemanfaatannya.